Artikel

 

Mengenal Guru Mbah Hamid Pasuruan

Habib Jakfar bin Syaikhon Assegaf atau Habib Syaikhon Assegaf Pasuruan (1881-1955), merupakan Ulama besar ahli Qur'an sekaligus waliyulloh asal Hadramaut yang berdakwah di Pasuruan, Jawa Timur. Beliau merupakan guru dari Waliyulloh Mbah Hamid Pasuruan

Menjoblo, Menikah atau Menambah?

Laduni.ID Jakarta - Manakah yang lebih utama, menjomblo, menikah ataukah menambah istri?. Jawabannya tergantung. Adakalanya menjomblo lebih utama daripada menikah, adakalanya menikahi satu istri lebih baik, dan adalakanya menambah istri lebih utama

Menanamkan Militansi Warga NU

Pesan tokoh NU KH. Marzuqi Mustamar agar warga NU bangga, setia dan militan terhadap NU dengan menampakkan jati diri ke-NU-annya kepada siapa saja, dimanapun, dan kapan pun.

10 Pemimpin Besar dalam Sejarah Islam

Ceritakanlah kepada kepada anak-anak kaum muslimin tentang Abdurrahman ad-Dakhil, atau Muhammad al-Fatih, atau Sulaiman al-Qanuni. Agar mereka tahu siapakah yang lebih layak untuk jadi idola.

Keramat Sayyidina Umar Bin Khattab RA dan Sungai Nil Mesir

Laduni.ID Jakarta - Kisah menarik tentang keramat Sayyidina Umar terhadap sungai Nil di Mesir. Mesir berhasil ditaklukkan atau dibuka oleh Amirul Mukminin Umar bin Khattab melalui utusannya yang dipimpin oleh Sayyidina Amr bin Ash.

Tan Malaka: Islam Sebagai Kekuatan Revolusioner

Tan Malaka yang memiliki pandangan terbuka dan jauh ke depan sebelumnya telah menganjurkan dan menulis artikel tentang Pan Islamisme dan Komunisme atas kesepakatan setelah bertemu dengan Lenin dan lainnya.

Syaikh Nawawi Banten dan Sifat-Sifat Terpuji Anjing

Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah, dalam Kitab كاشفة السجا شرح سفينة النجا "Kaasyifatus Sajaa Syarhu Safiinatin Najaa" pernah menulis 10 sifat terpuji dari anjing. Meskipun kitab yang beliau tulis ini sangat kental dengan fiqih (hukum Islam) yang bermadzhab Syafii yang dikenal sangat ketat soal najis anjing.

Pesantren dan Perubahan? Begini Jawaban KH. Husein Muhammad!

Beberapa orang melihat kepadaku. Lalu aku "nyeletuk", "Manakala kita bertahan menutup pikiran dan hati kita, dan menolak perubahan, niscaya kita akan ditinggalkan zaman. Pengetahuan kita juga tidak berkembang. Dan dengan berjalannya waktu kita akan menjadi komunitas primitif". He he he

Gus Miek: Bahan Bakar Motor Pakai Teh Hangat

Laduni.ID Jakarta – Kiai Hamim Jazuli atau biasa akrab disapa Gus Miek , dikenal sebagai kekasih Allah (waliyullah) yang penuh dengan karomah. Suatu saat , pada tahun 1980 - an , Gus Miek menghadiri semaan Mantab di daerah Nganjuk, Jawa Timur .

Berikut Ini Sifat Wanita yang Disukai Allah Swt

Laduni.ID Jakarta – Islam sangat memuliakan kedudukan wanita yang derajatnya tiga kali di atas pria. Wanita yang memiliki beberapa sifat yang disukai Allah merupakan cermin wanita solihah.